Selama 2 hari, yaitu pada tanggal 20 dan 21 Juli 2020, IKB LSPR berpartisipasi dalam penyelenggaraan rapat pleno Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bertempat di Royal Hotel Bogor, Past Novel Larasaty, MA menjadi perwakilan IKB LSPR sebagai juri dalam bidang kompetensi Bahasa Inggris para peserta. Hadir dalam rapat pleno pertama ini, 40 juri lainnya yang turut menilai dan menetapkan peserta yang lolos ke tahap berikutnya sesuai dengan rubrik penilaian dan Computer Based Test (CBT) yang telah dibuka sejak awal Juli lalu.

Sebanyak lebih dari 600 mahasiswa di seluruh Indonesia yang berhasil melewati seleksi dalam tahap pertama dan sekarang mengerucut lagi menjadi 174 bagi yg mahasiswa program Sarjana dan 164 mahasiswa program Diploma. Para peserta yang lolos ini kemudian harus mengirimkan Gagasan Kreatif sebagai proses seleksi berikutnya.

Hadir pula dalam dapat pleno, Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi (Diksi), Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T, memberikan gambaran program kerja dan harapan pemerintah terhadap kemajuan pendidikan tinggi vokai dan profesi yang merupakan salah satu jalur pendidikan tinggi bagi rakyat Indonesia.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan agenda tahunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk mengapresiasi dan memotivasi para mahasiswa di tingkat Diploma hingga Sarjana untuk berkompetisi menunjukkan keunggulan mereka dari segi kebangsaan, Bahasa Inggris, dan kemampuan menyampaikan prestasi mereka dalam bidang pendidikan masing-masing. Pada tahun 2020, final Pemilihan Mahasiwa Berprestasi direncanakan akan diselenggarakan pada bulan September dan melibatkan ratusan perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta. Acara yang diorganisir oleh Pusat Prestasi Nasional DIKTI ini mengadaptasi beberapa kanal dan metode penilaian dari online untuk mengantisipasi pembatasan fisik akibat pandemi, hingga offline saat tahap penilaian sudah masuk ke individu yang lebih spesifik lagi menuju final.