“CONTROVERSIAL MARKETING” MELALUI WORD OF MOUTH
(STUDI KASUS PEMASARAN DENGAN PETI MATI OLEH PT BUZZ & CO)
Sherly Haristya, Hersinta, Fiona Suwana, Olivia Deliani Hutagaol

 

Abstract

Persaingan dalam dunia pemasaran yang semakin ketat, menuntut adanya usaha-usaha lebih keras, baik dalam hal ide maupun kreativitas dalam mempromosikan brand atau produk. Bahkan, kreativitas ini bahkan menempuh cara yang bagi sebagian orang dianggap ekstrim, yaitu menggunakan hal-hal yang kontroversial. Di Indonesia pada pertengahan tahun 2011, masyarakat dikejutkan dengan kasus pemasaran yang dilakukan oleh Sumardy, CEO perusahaan marketing Buzz & Co. Cara pemasaran Sumardy tersebut akhirnya berbuntut panjang dengan adanya sanksi berupa panggilan dari pihak kepolisian. Tulisan ini merupakan studi literatur yang menggunakan penelitian sebelumnya, konsep komunikasi pemasaran, WOM, etika pemasaran, strategi pemasaran, dan konsep taboo marketing, serta data dari internet untuk melihat bagaimana dampak dari strategi pemasaran tersebut pada target audiens-nya. Dapat disimpulkan bahwa usaha promosi kontroversial yang dilakukan Sumardy melalui pengiriman peti mati dianggap tabu karena tidak sesuai dengan nilai dan budaya yang dianut sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini mengakibatkan terbentuknya awareness di masyarakat sekaligus WOM negatif bagi Sumardy.