Dalam konteks analisa media untuk kepentingan professional, kebutuhan akan metode yang memiliki dasar akademis kuat namun mampu memenuhi apa yang dibutuhkan oleh para professional adalah sebuah kebutuhan mendesak. Saat ini ada beberapa metode yang tersedia namun untuk pertama kalinya, sebuah pendekatan baru dibuat oleh seorang akademisi muda yang juga seorang professional dalam analisa media.

 

Model analisa yang dibuat oleh Andi Superi ini menawarkan beberapa kemajuan dibandingkan metode lainnya diantaranya tampilan data yang lebih komprehensif; kemungkinan analisa yang lebih mendalam; serta kemampuan untuk menjadi unit analisa di tingkat strategis sekaligus menjadi alat presentasi data. Disamping itu, metode ini memiliki kemungkinan yang luas untuk dapat diaplikasikan dalam beragam topic dan kepentingan analisis.

 

Anda semua diundang untuk melihat demonstrasi penggunaan metode ini dan berdiskusi langsung dengan sang pembuat/peneliti. Diskusi ini adalah bagian dari diskusi rutin di Prof Margono Research Center dan terbuka untuk umum.

 

Andi Superi adalah lulusan program pasca sarjana (S2) dari LSPR Jakarta. Metode ini adalah hasil risetnya selama lebih dari 3 tahun dengan menggabungkan pengalamannya sebagai analis media dan beragam pengetahuan yang dia peroleh secara akademis terutama metode Grounded Theory.