Dr. J.A. Wempi Sebagai Pembicara

 

March 29, 2017 by nimadeega

Untuk pertama kali, Research Centre LSPR menyelenggarakan Klinik Penelitian pada 17 Maret 2017 dengan tema “Meneliti: Sulitkah?”. Pada kesempatan tersebut, Dr. J. A. Wempi, M.Si menyampaikan pandangan-pandangannya dan berdiskusi dengan para peserta.

Disampaikan oleh Dr Wempi bahwa terdapat 3 kriteria desain penelitian. Pertama, Kriteria Substantif: kualitas fenomena dan ketepatannya dengan teori yang digunakan. Kedua, Kriteria Formal: kualitas metode yang digunakan dan ketepatannya secara logis. Ketiga, Kriteria Teknis: kualitas penyampaian desain penelitian berdasarkan kaedah yang berlaku.

Sementara, hasil penelitian dapat ditinjau dari kriteria berikut. Pertama, Kriteria Implementatif: ketepatan susunan struktur pemaparan berdasarkan kerangka pemikiran. Kedua, Kriteria Kualitas Konten: kedalaman pemaparan dan ketajaman analisis. Ketiga, Kriteria Kualitas Kontribusi Penelitian: kualitas manfaat penelitian. Keempat, Kriteria Teknis: kualitas penyampaian hasil penelitian berdasarkan kaedah yang berlaku.