LPPM LSPR Jakarta kali ini berkesempatan untuk berkontribusi dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat terutama di bidang pendidikan. Memenuhi undangan dari SMP Islam Al Fajar, LSPR Jakarta mengirimkan dosennya, Past Novel Larasaty, MA sebagai trainer atau pelatih public speaking untuk para guru. Tema besar yang dijadikan materi adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara di depan murid serta masyarakat luas bagi seorang guru sekolah menengah pertama.

Dosen LSPR Jakarta memberikan pengajaran Public Speaking pada pengajar SMP Islam Al Fajar

Diikuti oleh 25 peserta, pelatihan ini diadakan pada hari Jumat, 13 Juli 2018 dan berdurasi kurang lebih 2 jam dengan berisikan presentasi serta latihan role play. Antusiasme para peserta terlihat saat ketika pelatihan baru dibuka, banyak pertanyaan dan kisah pengalaman yang dibagikan oleh para guru.

 

Dosen LSPR Jakarta memberikan pengajaran Public Speaking pada pengajar SMP Islam Al Fajar

Untuk meningkatkan lagi efektivitas kegiatan belajar mengajar di SMP Islam Al Fajar, para guru juga semangat untuk mempelajari tips baru ketika menyampaikan materi di kelas. Selain untuk kepentingan mengajar, saat sesi tanya jawab juga diwarnai oleh pertanyaan yang menyangkut pengalaman para guru berbicara di depan publik selain di dalam kelas.

Di akhir pelatihan, guru-guru yang menjadi peserta membagi kisah kesulitan mereka dalam berbicara di depan umum. Seusai latihan, terlihat antusiasme mereka kembali naik dalam menyambut tahun ajaran baru dengan pandangan dan ide baru dari pelatihan yang diberikan.