London School of Public Relations – Jakarta (LSPR – Jakarta) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan edukasi literasi internet ramah anak di delapan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) di DKI Jakarta. Sebanyak sepuluh dosen dan seratus mahasiswa bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, ICT Watch, Yayasan Sejiwa, Forum Anak DKI Jakarta dan Traditional Games Return Community guna mewujudkan acara yang ditujukan kepada orang tua dengan anak-anak berusia 7-14 tahun ini. Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat memaksimalkan fungsi internet dengan cerdas, memiliki kesadaran akan pentingnya penggunaan internet sehat dan juga paham dengan penggunaan internet ramah anak.

Mahasiswa dan Dosen LSPR Jakarta ikut serta dalam memberikan Edukasi Internet Ramah Anak

RPTRA yang menerima penyuluhan adalah RPTRA Meruya Utara, RPTRA Borobudur, RPTRA Cililitan, RPTRA Kebon Sirih, RPTRA Rasamala, RPTRA Semper Barat, RPTRA DKI Berseri, RPTRA Tiga Durian. Sebanyak 50 orangtua dan juga 50 anak di setiap RPTRA, sehingga ada sekitar 800 orang yang akan merasakan dampak dan manfaat dari kegiatan ini. Diharapkan gaung sosialisasi ini akan meluas dan tentunya kita berharap mengambil bagian menciptakan generasi bangsa cerdas, bertanggung jawab dan bermartabat. Kegiatan edukasi literasi ramah anak ini juga merupakan salah satu perwujudan tridarma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh LSPR – Jakarta adalah suatu gerakan proses pemberdayaan bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Keceriaan dan antusiasme anak-anak di RPTRA Rasamala

“Kami berharap dengan kegiatan Literasi Internet Ramah Anak, perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi yang nyata untuk dapat memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pemahaman penggunaan internet secara benar. Kami berpikir bahwa peran orang tua sangatlah penting untuk memastikan internet dan gawai dapat memberikan manfaat optimal bagi tumbuh kembang anak baik pengetahuan maupun kepribadiannya,” ujar Yuliana Riana P, MM sebagai Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat, LSPR Jakarta. LSPR Jakarta sebagai Sekolah Tinggi  Ilmu Komunikasi, menyadari pentingnya peranan institusi pendidikan dan akademisi untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai penggunaan internet yang sehat.

“Dari penelitian yang dimiliki oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2016 dan dimuat di laman website Kominfo,  menyatakan bahwa sebanyak 768 ribu anak Indonesia usia 10-14 tahun telah rutin mengakses internet. Kami merasa kegiatan ini penting untuk dilakukan yang menyasar anak dan orang tua.  Oleh karena itu, kami berharap edukasi ini juga dapat meminimalisir bahaya internet seperti cyberbully, terpapar konten negatif, menjadi korban dari pelanggaran privasi, dan juga dampak negatif lainnya. Selain itu kami juga mengajak orang tua untuk dapat memberikan teladan dalam menggunakan internet secara bijak dan bertanggung jawab salah satunya dengan tidak menyebarkan berita palsu atau hoax dan juga hate speech (ujaran kebencian).  ” tambah Dr. Janette Maria Pinariya sebagai Executive Dean LSPR Jakarta. Untuk itu, LSPR mengadakan kegiatan LSPR Community Service dengan tema “Literasi Internet Ramah Anak dan Edukasi”.

Mahasiswa dan Dosen LSPR memberikan pengarahan kepada anak-anak di RPTRA Borobudur

Aghnina Wahdini dan Tasya, mahasiswa LSPR sebagai PIC kegiatan LSPR Community Service menambahkan, sosialisasi literasi internet untuk anak-anak dilakukan dengan roleplaying, di mana mahasiswa membawakan topik internet sehat, anti bullying dan anti hatespeech dan berperan sebagai LIRA dan EDU. LIRA merupakan akronim dari Literasi Internet Ramah Anak dan EDU merupakan singkatan dari Edukasi. Roleplay ini dilakukan agar anak-anak dapat lebih mudah memahami materi dengan visualisasi yang menarik dari mahasiswa. Kemudian, mahasiswa akan mengulas kembali materi yang terkandung dalam roleplay tersebut sambil melakukan tanya jawab interaktif dengan anak-anak.

Mahasiswa LSPR Jakarta memberikan pengarahan pada orangtua anak-anak yang ikut serta dalam kegiatan Edukasi Internet Ramah Anak

Dukungan dan sinergi antara Institusi Pendidikan, Organisasi Masyarakat Sipil, Kementerian/Lembaga Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk mengedukasi masyarakat khususnya orang tua dan anak dalam Program LSPR Community Service “Literasi Internet Sehat dan Ramah Anak” akan membentuk perilaku sehat dalam penggunaan internet.