LPPM dan LSA – LSPR Jakarta memberikan pembekalan Effective Communications Skills secara intensif dan eksklusif selama dua minggu dari tanggal 26 Juni 2018 sampai dengan 9 Juli 2018 untuk empat pelatih Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang di bidang Bisnis Manajemen dari, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Dr. Janette M. Pinariya memberikan pelatihan terkait Personal Branding

Rangkaian pelatihan ini melibatkan 15 dosen LSPR sebagai trainer yang sangat kompeten dibidangnya. Pada hari pertama, Dr. Janette M. Pinariya memberikan pelatihan terkait Personal Branding. Dr. Janette mengajak peserta membuat analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats terkait diri dan lingkungan masing-masing peserta.

Sophia Bernadette, M.Si memberikan materi assertive communication

Hari kedua dibawakan oleh Bapak Deddy Muharman, M.Si dengan materi Communication Skill dan Ibu Sophia Bernadette, M.Si dengan materi Assertive Communication.

Pada hari ketiga Ibu Yunita Simatupang, M.Si membawakan materi Public Speaking dan dilanjutkan oleh Dr. Sri Ulya Suskarwati, M.Si di sesi kedua dengan materi Tips & Praktik Public Speaking.

Zsa Zsa Yusharyahya memberikan pelatihan mengenai Tips & Praktik Public Speaking

Hari keempat, Ibu Zsa Zsa Yusharyahya memberikan pelatihan mengenai Tips & Praktik Public Speaking. Secara pribadi, Ibu Zsa Zsa memberi arahan dan penilaian terkait cara berdiri, cara berpresentasi, serta cara menarik dan mengeluarkan napas.

Salah satu peserta pelatihan melakukan praktek secara langsung cara berpresentasi secara efektif didepan kelas

Hari kelima, dengan materi Effective Presentation Skill dan Tips membuat Presentation Skill disampaikan oleh Dr. Rino F. Boer yang langsung dipraktikkan oleh keempat peserta.

Peserta pelatihan melakukan sesi diskusi secara komunikatif dan aktif

Hari keenam, materi Praktek Public Speaking dan Evaluasi yang diberikan oleh Bapak Mikhael Yulius Cobis, MM, M.Si. Peserta secara aktif dan komunikatif dalam memberikan argument dan opini pada sesi diskusi.

Rani Chandra Oktaviani, M.Si bersama peserta melakukan sesi foto bersama setelah sesi pelatihan dalam materi Penangganan Keluhan Pelanggan

Hari ketujuh, dengan Customer Service, IbuRani Chandra Oktaviani, M.Simengajak peserta untuk mengunjungi Career Centre LSPR dan menjelaskan cara kerja divisi Career Centre. Peserta melakukan praktek secara langsung cara yang tepat berhadapan langsung dengan pelanggan dan bagaimana berkomunikasi secara baik dan efektif.

Dewi Rachmawati, M.Si saat memaparkan materi Penanganan Keluhan Pelanggan

Hari kedelapan, Dewi Rachmawati, M.Si memberikan materi Penanganan Keluhan Pelanggan.

Sesi foto bersama Gracia Rachmi Adiarsi, MM dan Ibu Mary Lemona, M.Si serta peserta pelatihan

Hari kesembilan, Ibu Gracia Rachmi Adiarsi, MM dan Ibu Mary Lemona, M.Si memberikan pelatihan terkait Etika Komunikasi dengan Pelanggan serta Keterampilan Berkomunikasi Melalui Telpon dan Media Komunikasi.

Make-up artist saat memberikan pengarahan mengenai grooming dan beautyclass

Hari kesepuluh, pelatihan Professional Etiquette dan Personal Grooming diberikan oleh Ibu Elke Alexandrina, M.Sc. Ibu Elke mengundang make-up artist professional dan memberikan make-up package Wardah kepada peserta agar langsung dapat mempraktikkan ilmu Personal Groomingnya.

Sesi foto bersama beberapa peserta saat Company Visit di Western Best Mangga Dua

Hari kesebelas Bapak Deddy Irwandy, M.Si dan Dewi Rachmawati, M.Si mendampingi seluruh peserta untuk Company Visit di Best Western Mangga Dua Hotel dengan memberikan customer service workshop dan pembekalan table manner.

Deddy Muharman, M.Si memberikan pengarahan sebelum sertifikasi profesi humas dilaksanakan

Pada hari terakhir, hari keduabelas ditutup oleh Profesi Humas oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) LSPR Jakarta.

Melalui pelatihan eksklusif ini diharapkan dapat membangun kepercayaan diri dan mengembangkan keterampilan berkomunikasi yang efektif sehingga dapat memberikan motivasi dan pembelajaran baru kepada para peserta yang nantinya akan dibagikan kembali kepada siswa didik di BBPLK Semarang.

Selama dua minggu rangkaian kegiatan bergulir, trainer dan perserta sangat interaktif dan komunikatif. Seluruh perserta sangat antusias dan bersemangat selama kegiatan berlangsung, terutama pada sesi role-play dan diskusi.

Semoga dengan Pelatihan Public Speaking dan Customer Service yang diberikan oleh dosen-dosen LSPR Jakarta dapat bermanfaat bagi seluruh peserta. Terima kasih atas kepercayaan BBPLK Semarang dan Kemnaker RI kepada LSPR – Jakarta.