Research Centre kembali menyelenggarakan kegiatan rutin, monthly discussion pada Jumat, 26 April 2019, bertempat di Rafael Jolongbayan, LSPR Sudirman Park. Kegiatan ini membahas dan membedah buku “METAFORA VISUAL”, karya Dr. Priyanto Sunarto. Pembicara yang hadir adalah Dr. Seno Gumira Ajidarma, S.Sn., M.Hum (Rektor Institut Kesenian Jakarta dan Founder Institut Humor Indonesia (Ihik3) dan moderator Dr. Joe Harrianto Setiawan, M,Si (LSPR Lecturer).

Kegiatan ini dihadiri oleh para mahasiswa, dosen LSPR, serta para audience external. Buku Metafora Visual mengangkat Kartun Editorial pada surat kabar Jakarta. Surat kabar dan majalah adalah media yang sangat berperan sebagai penyampai berita dan opini sosial-politik. Kartun editorial menjadi media efektif untuk menyatakan pandangan politik, mengingat sindiran (yang menggelitik) dalam bentuk visual dan mengena.  Buku ini juga memaparkan bagaimana bentuk, corak, dan gaya metafora serta social budaya pada kartun editorial di masa Demokrasi Parlementer.

   Dr. Joe Harrianto, M.Si, membuka acara diskusi bedah buku Metafora Visual

 

  Ms. Novrita Widyastuti, M.Si, menjelaskan informasi mengenai Institut Humor Indonesia (Ihik3).

   Dr. Seno Gumira Ajidarma, S.Sn., M.Hum, memberikan pemaparan mengenai buku Metafora Visual kepada para peserta yang hadir.

Pemberian plakat penghargaan oleh Mr. Rendro Dhani, Ph.D kepada Dr. Seno Gumira Ajidarma, S.Sn., M.Hum dan Dr. Joe Harrianto Setiawan, M.Si.

 

 Foto bersama dengan para pembicara dan peserta Monthly Discussion